Rabu, 29 Juli 2015

RUANG LINGKUP



Apasih yang dimaksud dengan      Ruang Lingkup

     

      ruang lingkup berarti batasan dan secara khusus ruang lingkup berarti pengertian suatu materi secara lebih detail.
Ruang lingkup juga bisa dipakai untuk hal-hal yang sifatnya sederhana. Misalnya saja tentang teknik membuat cangkul.




I. RUANG LINGKUP SARANA DAN PRASARANA MENURUT JENISNYA
a)    Peralatan/perlengkapan kantor (office supplies)
Peralatan/perlengkapan adalah alat atau bahan yang digunakan untuk membantu pelaksanaan pekerjaan kantor, sehingga menghasilkan suatu pekerjaan yang diharapkan selesei lebih cepat, lebih tepat dan lebih baik. Peralatan/perlengkapan kantor dibedakan menjadi dua, yaitu
§  Paralatan/perlengkapan kantor dilihat dari bentuknya :
1. Peralatan/perlengkapan kantor berbentuk lembaran
                Perlatan/perlengkapan kantor yang berbentuk lembaran/helaian, yaitu kertas HVS, kertas              folio bergaris, kertas karbon, kertas stensil, formulir, kertas berkop, plastik transparan,          kertas karton, kertas buffalo, amplop dan map.
2. Peralatan/perlengkapan kantor berbentuk nonlembaran
                Peralatan/perlengkapan kantor yang berbentuk nonlembaran (bukan berupa kertas         lembaran), yaitu pulpen, pensil, spidol, penghapus, penggaris, rautan, gunting, pemotong        kertas (cutter), pembuka surat (letter opener), pelubang kertas dll.
3. Peralatan/perlengkapan kantor berbentuk buku
                Peralatan/perlengkapan kantor yang berbentuk buku, antara lain :
1.       Buku catatan (block note), yaitu buku untuk menulis catatan harian sekretaris.
2.       Buku pedoman organisasi, yaitu buku panduan tentang informasi yang berkaitan dengan organisasi, mulai sejarah, struktur, produk dan jasa, hingga prosedur kerja.
3.       Buku tamu, yaitu buku yang digunakan untuk mencatat tamu yang datang ke perusahaan.
4.       Buku agenda surat, yaitu buku yang mencatat keluar masuknya surat sehari-hari.
·         Peralatan/perlengkapan kantor dilihat dari penggunaannya :
1.       Barang habis pakai
                Barang habis pakai adalah barang/benda kantor yang pengguanaannya hanya                satu/beberapa kali pakai atau tidak tahan lama. Contoh : kertas, tinta, karbon, klip, pensil               dan pulpen.
2.       Barang tidak habis pakai
                Barang yang tidak habis pakai adalah barang/benda kantor yang penggunaannya tahan               lama. Contoh : stapler, perforator, cutter, dan gunting.
b)   Mesin-mesin kantor (office machine)
Mesin-mesin kantor (office machine) adalah alat yang digunakan untuk menghimpun, mencatat, mengolah bahan-bahan keterangan dalam pekerjaan kantor yang bekerja secara mekanik, elektrik, dan magnetik. Contoh : komputer, laptop, LCD, mesin tik manual dan elektrik, mesin fotocopy, dll.
c)    Mesin komunikasi kantor
Mesin komunikasi kantor adalah sarana kantor yang digunakan untuk melakukan komunikasi, baik di lingkungan organisasi sendiri maupun ke luar organisasi. Contoh : telepon, interkom, faksimile dan telepon wireless.
d)   Perabot kantor (office furniture)
Perabot kantor adalah benda-benda kantor yang terbuat dari kayu atau besi untuk membantu pelaksanaan tugas pekerjaan kantor. Contoh : meja, kursi, sofa (meja dan kursi untuk tamu), rak buku, lemari, papan tulis dlL.
e)    Interior kantor (office arrangement)
Interior kantor adalah benda-benda kantor yang digunakan untuk menambah suasana jadi menyenangkan sehingga memberi semangat dan kenyamanan dalam menyeleseikan pekerjaan. Contoh : gambar presiden dan wakil presiden, gambar lambang negara, bendera, struktur organisasi, lukisan, patung, vas bunga, tanaman hidup maupun buatan, jam dinding dll.
f)    Tata ruang kantor (office lay out)
Tata ruang kantor adalah pengaturan ruangan kantor serta penyusunan alat-alat dan perabotan kantor sesuai dengan luas lantai dan ruangan kantor yang tersedia sehingga memberikan kepuasan dan kenyamanan kepada karyawan dan pekerja.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar